MEMAHAMI KEBUTUHAN DASAR SISWA UNTUK MENERAPKAN BUDAYA POSITIF DI KELAS
Memahami kebutuhan dasar siswa untuk Menerapkan budaya positif di kelas
Oleh
Muhammad darwis, S.Pd
29/08/2022
Guru hebat adalah guru yang mampu memahami karakteristik peserta didiknya, dengan mengenali dan memahami karakter siswa, hal ini akan mempermudah dalam melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik dan menerapkan budaya positif dikelas. Sebelum menerapkan budaya positif dikelas terlebih dahulu seorang guru dapat menerapkan beberapa strategi untuk mengenal karekter siswa dengan cara sebagai berikut:
- Melakukan pengamatan selama proses belajar
Sebagai individu karakteristik siswa akan tampak saat dia berinteraksi dengan temannya baik verbal maupun non verbal. Pola prilaku yang sama yang diterapkan dikelas baik saat kerja sendiri ataupun dalam kelompok. Guru hebat akan memperhatikan saat siswa berkomunikasi, dari raut muka, ketenangan dalam berprilaku.
2. Kenali emosional siswa
Step berikutnya yang bisa dilakukan memahami karakteristik siswa yaitu saat dia menyelesaikan tugas, akan terlihat emosional siswa menyikapi hal tersebut ada yang terlihat tenang, tergesa- gesa ingin cepat selesai dan bahkan ada yang tidak peduli, dari sinilah guru hebat bisa melihat indikator emosional siswa.
3. Lakukan komunikasi dua arah
Komunikasi dua arah menjadi penanda penting karakteristik guru dan siswa abad 21. Komunikasi dua arah berperan penting sebagai sarana Guru untuk mengetahui sudut pandang dan perasaan siswa. Bahkan, siswa dapat menyampaikan apa yang ingin diketahui dan dipelajarinya melalui komunikasi yang baik dengan Gurunya.
4. Menyertakan siswa pada program pengenalan diri
Tidak hanya memahami karakteristik peserta didik melalui observasi, guru hebat juga mengetahui dan memahami bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler yang di ikutinya. Pemahaman tentang karakter siswa akan berdampak pada diri siswa itu sendiri/guru.
Guru hebat memahami bahwa setiap siswa/manusia memiliki 5 kebutuhan dasar yang mendasari siswa melakukan tindakan, jika tidak bisa memenuhinya dalam hal positif, tidak menutup kemungkinan melalui jalan negatif. 5 kebutuhan dasar manusia antara lain: Bertahan hidup, kasih sayang dan rasa diterima, Penguasaan, Kebebasan dan kasih sayang. Dengan pemahaman kebutuhan dasar manusia kita sebagi guru akan bertindak bijaksana dalam mengelola setiap permasalahan yang dilakukan oleh siswa. Dengan dasar pemahaman karakter setiap siswa dikelas maka penerapan solusi bisa dilakukan dengan komunikasi yang baik sehingga mampu menyadarkan siswa dan menemukan solusi yang bijak.
Setelah mampu menuntun siswa pada konsep prilaku positif dikelas seperti selalu berkata jujur, disiplin dan tanggung jawab dari hal kecil yang selalu dilakukan akan menjadi budaya dikelas tersebut dan akhirnya diharapkan menjadi karakter setiap siswa dikelas dan bisa berimbas ke kelas yang lain.
Perlu disadari bahwa semua itu tidak akan terwujud tampa adanya komitmen guru dan seluruh siswa dikelas serta niat yang ikhlas dan dikuti oleh ketakwaan kita kepada tuhan.